Mengenal Aplikasi CapCut Android & Cara Menggunakannya

Pengguna media sosial kini sedang gencar membuat konten video berdurasi pendek. Konten ini tentu lebih menarik karena memanjakan visual serta dilengkapi dengan efek audio yang lucu atau dramatis. Aplikasi CapCut Android bisa Anda unduh secara gratis dan dapat membantu Anda untuk membuat konten video yang keren. Selain gratis, aplikasi ini juga memiliki kelebihan seperti mudah digunakan memiliki fitur-fitur edit video yang dapat diandalkan.

Tutorial Menggunakan CapCut

Kecanggihan teknologi memungkinkan Anda untuk mengasah kreatifitas tanpa batas. Bahkan, Anda pun juga dapat membuat konten video professional menggunakan bantuan aplikasi ini.

CapCut Untuk Pemula

Bagi Anda yang masih baru menggunakan aplikasi ini cukup mudah yaitu tekan tanda + setiap kali ingin membuat video baru. Selanjutnya Anda dapat memasukkan video atau foto yang akan Anda edit dengan menekan pilihan Add. File yang sudah Anda pilih pun akan ter-upload dan tunggu beberapa saat. Jika file sudah ter-upload maka Anda sudah mulai bisa mengeditnya dengan menambahkan audio, animasi, transisi atau teks.


Jika Anda ingin menambahkan audio seperti background lagu pada video maka klik ikon audio yang ada pada aplikasi tersebut. Anda pun dapat memilih audio yang sudah tersedia dan dapat mengatur durasi audio tersebut. Setelah semua audio sudah berhasil Anda masukkan dan sesuai dengan yang Anda inginkan maka selanjutnya Anda dapat menambahkan fitur lainnya.

Untuk menambahkan teks pada video tersebut silahkan tekan ikon teks lalu ketika kata-kata yang akan digunakan. Anda juga dapat mengubah font, warna dan ukuran sesuai selera. Selain itu, agar video tidak membosankan Anda juga dapat menambahkan stiker. Letak stiker tersebut juga dapat Anda sesuaikan.

Setelah semua proses editing selesai maka simpan video tersebut dengan menekan export. Menu tersebut berada pada bagian kanan atas aplikasi. Pada proses ini Anda dapat memilih frame yang akan disimpan serta resolusi video yang akan disimpan. Jika Anda sudah yakin dengan hasil editan Anda maka tekan export. Video akan secara otomatis tersimpan di galeri Anda serta Anda juga akan mendapatkan kotak dialog untuk membagikan video tersebut. Tekan done untuk mengakhiri semua yang sudah dikerjakan.

Membuat Video Transisi

Jika Anda ingin menambahkan efek keren pada video transisi maka dapat mengikuti cara berikut.

Buka aplikasi CapCut Anda lalu pilih menu New Project. Langka awal yang Anda lakukan yaitu memilih video atau foto yang nantinya akan ditambahkan efek transisi. Anda dapat menggunakan efek zoom jika jumlah foto yang Anda gunakan dalam video tersebut lebih dari 20 foto. Selanjutnya, klik audio agar Anda dapat menambahkan suara pada video tersebut. Anda pun dapat mengatur audio tersebut dan memotongnya sesuai yang Anda butuhkan.

Agar transisi foto sesuai dengan beat musik yang digunakan maka tekan +Add dan klik animation lalu pilih yo-yo 2. Agar foto terlihat lebih menarik maka tambahkan efek dengan cara klik effect dan pilih sesuai selera. Jika semua animasi dan efek sudah selesai maka Anda dapat menyimpannya. Sebelumnya pada bagian akhir video akan muncul logo CapCut, namun Anda dapat menghapusnya jika tidak ingin menggunakan logo tersebut. Ekspor video tersebut jika Anda ingin melihatnya atau membagikannya ke media sosial.

Itulah panduan menggunakan aplikasi CapCut untuk pemula. Semoga tips di atas dapat membantu Anda lebih mudah dan kreatif dalam membuat konten-konten yang baik.